5 Try Out SBMPTN Terbaik untuk Siswa Garut

by - Juni 30, 2018

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi di Indonesia. Siswa kelas 12 bisa mendaftar SBMPTN di laman sbmptn.ac.id . Yang kemudian registrasi untuk mendapatkan PIN dan KAP dengan membayar Rp 200.000. Peserta dapat memilih 3 Jurusan. 

Biasanya SBMPTN itu menggunakan sistem penilaian benar +4, salah -1, dan kosong 0. Tapi untuk tahun 2018, sistem penilaian berubah untuk benar bernilai +1 dan salah/kosong bernilai 0. Untuk info lebih detail bisa dibuka laman resmi SBMPTN nya ya. Untuk tahun 2019 ada isu baru, bahwa SBMPTN akan dihapus dan diganti dengan sistem Test Centre. Tapi, kalian gak ada salahnya buat tetep nyiapin diri kalian dengan belajar soal-soal SBMPTN yang sper duper wow.

Nah, karena itu aku buat kalian anak SMA asal Garut yang merasa perlu latihan untuk SBMPTN, sekarang aku bakalan ngasih saran 5 Try Out SBMPTN yang wajib kamu ikutin!

5. Simulasi SBMPTN
web: www.simulasisbmptn.co.id
Simulasi SBMPTN ini Tryout berskala Nasional, yang dilaksanakan secara serentak pada waktu yang sama. Penyelenggara dari tryout ini adalah Ikatan Mahasiswa Se-Nusantara. Tahun 2018, Garut menjadi salah satu kota terselenggaranya tryout dari 45 kota di Indonesia. Lebih tepatnya acara berlangsung di Gedung LEC, deket terminal Garut. TryOut ini biasanya dilaksanain sekitar bulan Maret- April

Menurut aku, untuk harga tiket 40-45 Ribu, tryout ini worth it lah ya buat kalian ikutin. Kenapa? Karena kamu bakalan dapetin soal yang bisa kamu bawa pulang, snack, buku saku,soalnya gak terlalu sulit malah hampir mirip soal UN dibanding soal SBMPTN, ada hadiah buat peserta dengan passing grade tertinggi, dan yang paling oke itu adalah kalian bisa ikutan jadi Ambassadornya. 

Nah apa sih keuntungannya kamu jadi Ambassador di TryOut ini? Kamu tentunya bisa dapet tiket gratis. Semakin banyak kamu ngajakin temen kamu semakin besar uang yang akan kamu dapetin. Karena kalo gak salah, harga tiket untuk ambassador dijual lebih murah, dan kamu bisa jual dengan harga normal. Dan kalo kamu bisa ngajak temen kamu sebanyak mungkin, kamu punya peluang buat bisa ikutan SBMPTN secara gratis, its mean biayanya dibayarin penyelenggaranya.

Tapi, tryout ini juga ada beberapa kekurangannya. Yang pertama, mungkin buat kamu yang mengharapkan dapet banyak feedback kaya merchandise kaya papan ujian, alat tulis, goodibag dll, untuk Tryout ini kamu cuma bakalan dapet snack, buku saku, dan soal yang bisa dibawa pulang, jadi agak kemahalan untuk harga tiket Rp 45.000. Yang kedua, snack yang dikasih bukan berupa snack kotak yang banyak macemnya, tapi kamu cuma dikasih 1 buah koko krunch bar doang. Yang ketiga, lokasinya di aula atau gor, kursinya itu kursi biasa bukan kursi cheetos yang ada mejanya gitu. Jadi kamu harus bawa papan dari rumah, dan ngerjain soalnya harus ngebungkuk gitu jadi gak nyaman.

Rating 7 dari 10.


4. Tryout RAMPES
Ig : rampes_garut

TryOut Akbar RAMPES 2018 diselenggarakan oleh Mahasiswa asal Garut. Tryout ini hanya mencakup siswa di Kabupaten Garut. Lokasinya di SMK Negeri 1 Garut Jalan Cimanuk sebelah radio reks. TryOut ini biasa dilaksanain tiap tahunnya sekitar bulan Januari.

Walaupun cuma berskala Kabupaten, tapi tryout ini cukup bagus menurutku. Apalagi harganya murah banget cuma 20-30 ribu doang. Lokasinya juga cukup nyaman, karena di sekolah yang tentunya menyediakan meja untuk mengerjakan tryout. Selain itu, banyak keuntungan dari tryout ini yaitu

Sebenernya, aku gak ikutan Tryout ini karena bentrok sama tryout lainnya. Tapi menurut temen-temenku, tryout ini cukup bagus. Walaupun ada beberapa kekurangan yaitu gak dapet merchandise, tapi bisa dimaklum karena harga tiketnya sangat murah. Soalnya sulit, hampir mirip SBMPTN yang aslinya.

Rating 7.5 dari 10

3. Tryout Masuk Kampus
Ig : masukkampus
Buat kalian yang bener-bener kelas XII, pasti udah gak asing dong sama instagramnya Masuk Kampus? Biasanya, kebanyakan anak yang baru masuk kelas XII lagi gencar gencarnya nyari informasi perguruan tinggi. Nah salah satu sosial media yang nyediain info tentang perguruan tinggi adalah Masuk Kampus. 

Selain nyediain informasi tentang perguruan tinggi, Masuk Kampus juga kerap kali ngadain tryout SBMPTN di beberapa kota. Salah satunya Tryout Masuk Kampus Chapter Bandung yang diadain di Telkom University, pada awal Januari. Kerennya, Masuk Kampus ini ngadain tryout gak cuma sekali tapi beberapa kali. Walaupun di kota yang berbeda.

Kenapa kok aku masukin Tryout ini, padahal bukan di kota Garut? Karena tryout ini, tryout hits dan diadain di kota Bandung. Maksudnya, kalian bisa sambil main lah ya sama temen-temen kalian ke Bandung, kan Garut - Bandung gak begitu jauh. hehehe

Harga tiketnya 45-75 ribu. Karena untuk tryout ini disediain dua jenis tiket, yaitu tiket reguler dengan harga 45ribu dan tiket premium dengan harga 75ribu. Fasilitas yang disediain hampir sama, dapet soal tryout, scoring, snack, minuman, doorprize, dan seminar. Sedangkan untuk tiket premium dapet fasilitas tambahan yaitu alat tulis dan papan jalan yang kece parah.

Mungkin beberapa diantara kalian ngerasa kalau harga tiketnya kemahalan. Tapi menurut aku, harga segitu gak terlalu kemahalan. Kenapa? Karena selain fasilitas yang bakalan kamu dapetin, Tryout ini juga ada seminar motivasi dan ada hiburannya. Kaya di Masuk Kampus Chapter Bandung lalu, panitia ngedatengin Reza Darmawangsa aka Rezlynx. KEREN GA SIH? Karena jarang banget ada tryout yang ngedatengin guest star, jadi kalian jangan sampe ketinggalan pokonya! Kan enak tuh ya, abis mumet-mumet ngerjain soal, beresnya langsung lihat yang bening-bening wkwk.

Tapi, walaupun tryout ini sangat keren ada beberapa kekurangan. Salah satunya, kamu bakalan ngerjain soal di aula gitu dengan kursi tanpa meja. Jadi ya mungkin agak kurang nyaman buat ngerjain soalnya.

Rating 8 dari 10

2. Tryout MasukPTN
www.masukptn.id
Tryout Nasional Masuk PTN ini merupakan salah satu tryout yang wajib banget kamu ikutin. Kenapa? Karena, menurut aku ini TryOut berskala Nasional yang paling the best yang tentunya diadain di berbagai macam kota salah satunya Garut.

Untuk tiketnya sendiri, tryout ini menggunakan sistem semakin cepat kamu beli semakin murah harga tiketnya. Harga tiketnya 25-45 ribu, itu tergantung pilihan kamu (Saintek/Soshum/IPC, biasanya IPC lebih mahal) dan seberapa cepat kamu beli tiket. Maka dari itu, aku saranin buat follow ig nya di @masukptnid, biar begitu mereka jual tiket dengan harga murah kalian bisa langsung beli.

Fasilitas yang bakal kamu dapetin itu banyak banget, selain tempat tryoutnya nyaman (ada meja dan kursi), kalian juga bakalan dapetin snack, dan merchandise yang banyak banget.

Sedikit review aja, waktu itu aku ikutan TryOut yang pertama di Universitas Pasundan Bandung. Walaupun agak jauh ya, secara gitu aku sendiri dari Garut. Tapi, begitu kamu sampai sana sumpah kamu bener-bener di fasilitasi dengan baik. Merchandise yang aku dapet waktu itu, goodie bag, pensil, penghapus, pulpen, papan jalan dan snack kingkong. Selain itu, ketika istirahat banyak booth yang bisa kamu datengin dan kamu bisa dapetin hadiah lainnya. Pokoknya asyik banget. Kekurangannya, waktu itu panitianya mengawasi dengan benar, sering keluar gitu. Alhasil banyak yang kerja sama. Jadi, kurang bisa dihayatin gitu tryoutnya. Selain itu, entah karena panitianya kurang persiapan atau gimana, waktunya ngaret banget sampe 1 jam.

Tapi kekurangan itu langsung diperbaiki, begitu pesertanya kasih masukan lewat web. Buktinya di TryOut yang kedua di Universitas Garut, panitianya bener-bener ngawas layaknya SBMPTN dan waktu mulainya pun ga terlalu ngaret. Selain itu, kalo kamu lucky dan ikutin di kota tertentu, kamu bakalan ketemu artis yang emang sengaja didatengin sama pihak panitia di TryOut yang kedua kemarin. Sayangnya, kota Garut bukan salah satunya.

Oh iya, soal yang dibuat sama tryout ini cukup bagus. Ada yang susah, ada yang gampang. Apalagi TryOut ini udah menggunakan sistem penilaian SBMPTN terbaru.

Rating 9 dari 10

1. TRYOUT SBMPTN KSE UNPAD

Urutan pertama TryOut terbaik menurut aku adalah Try Out SBMPTN KSE UNPAD!!

TryOut ini terbuka untuk umum, dan cuma diadain di satu lokasi yaitu di Universitas Padjajaran. Usut punya usut, ternyata yang mengadakan Try Out ini adalah KSE (Karya Salemba Empat) yang mana merupakan suatu lembaga  yang sering memberikan beasiswa dan bimbingan belajar.

Oleh karena itu, salah satu hal yang menjadi poin tambah untuk Try Out ini adalah hadiah bagi peserta yang memiliki nilai tertinggi gak cuma-cuma, yaitu akan mendapatkan bimbingan belajar di KSE secara cuma-cuma dan yang lebih wow nya kalau kalian -pemenang tryout- masuk ke universitas yang sudah kerjasama dengan KSE salah satunya UNPAD, kamu berpeluang besar mendapatkan beasiswa dari KSE.

Selain itu, harga tiket untuk mengikuti tryout ini sangat murah hanya 25.000. Kamu bakalan dapat soal SBMPTN, snack, motivasi, dan suasana tryout yang benar-benar mirip SBMPTN yang asli.

Sedikit review, jadi untuk mengikuti tryout ini kamu harus menyiapkan aturan yang sama seperti SBMPTN. Seperti membawa alat tulis sendiri, membawa tanda pengenal dan tiket yang sudah dibeli, dan harus memakai pakaian sesuai ketentuan SBMPTN. Hal ini tentu menjadi nilai tambah, karena kamu bisa membiasakan diri ketika SBMPTN aslinya nanti.

Rating 9.5 dari 10

So, jadi itu beberapa tryout yang bisa aku saranin berdasarkan pengalaman dan informasi yang aku dapet secara pribadi. Satu pesanku, persiapkan SBMPTN mu dari sekarang jangan sampai menyesal dikemudian hari. Banyak-banyak latihan, dan cari informasi untuk menunjang kamu masuk ke perguruan tinggi nanti:))

You May Also Like

0 komentar